Language : English Indonesian

Kopi Luwak Global


Cara Penyajian Kopi Luwak

  • Panaskan air secukupnya sesuai dengan porsi yang akan dibuat, panaskan air hingga suhu 90 derajat celcius.
  • Ketika air mendidih tunggu sekitar 5 menit, sebelum menuangkan air panas terlebih dahulu masukkan bubuk kopi kedalam teko dan tambahkan gula secukupnya.
  • Tuangkan air dan aduk hingga tercampur rata, ambil saringan dan tuangkan kedalam gelas yang telah disiapkan.
  • Agar rasa pahitnya sedikit hilang bisa ditambahkan garam sedikit saja, lalu aduk hingga tercampur rata.
  • Kini kopi tersebut dapat disajikan dan dinikmati.

Cara Penyajian Moka Pot

Moka pot lebih rumit dari pada Syphon. Alat ini menghasilkan esporesso, karena melibatkan tekanan dan panas untuk mengeluarkan sari dari kopi.

Air dimasukkan ke dalam bejana penampung air di bagian bawah. Bubuk kopi diletakkan ke dalam saringan, kemudian dikaitkan ke teko di atasnya. Moka pot kemudian diletakkan di atas kompor, sehingga kopi akan naik ke dalam teko karena tekanan.

Kopi yang dihasilkan oleh moka pot lebih kuat rasa pahitnya. Jika ingin membuat kopi espresso, tidak perlu membeli mesin espresso, menggunakan moka pot sudah cukup.

Moka pot sendiri memiliki takaran dalam bentuk berapa cangkir. Moka pot untuk 2 gelas kop, artinya jika saringan dipenuhi dengan bubuk kopi maka moka pot bisa menghasilkan 2 gelas kopi.

Cara Penyajian Dengan Syphon Kopi

Syphon, sebuah alat seduh pertama kali diciptakan seorang ilmuwan kapal selam berkebangsaan Skotlandia bernama Robert Napier. Alat ini memanfaatkan bidang vakum yang tercipta ketika sebuah wahana kosong tertutup rapat dipanaskan. Air yang dipanaskan di bejana bawah pada temperatur yang cukup rendah (ternyata hanya sekitar 75-85 C) naik ke bejana diatasnya untuk bercampur dengan bubuk kopi,bercampur sebentar, lalu ditarik kembali kedalam bejana bawah akibat tekanan yang terbentuk didalamnya.

Kopi Syphon merupakan alat pembakaran kopi dengan menggunakan tabung kaca yang berisikan air, kemudian uap dari air pembakaran yang sudah panas itu mengalir ke tabung kaca di bagian atasnya, bercampur dengan bubuk kopi.Setelah kopi dan air mendidih itu tercampur, kaca tabung kopi yang sudah bercampur air kembali ke tabung kaca yang mendidih. Setelah itu, air kopi itu dituangkan ke cangkir dan siap diminum.Tingkat panas air yang dibakar dengan menggunakan tabung kaca ini 90 derajatcelcius. Cara Syphon ini membutuhkan waktu sekitar 10 menit.